Kelas XI

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : MAS Darul Ulum

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi          : 1. Memahami struktur atom untuk  meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.

Alokasi Waktu                      : 16 jam (2 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

1.1  Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

 

  • § teori atom Bohr dan mekanik kuantum.

 

 

 

  • § bilangan kuantum dan bentuk orbital.

 

 

 

 

  • Mengkaji  teori atom Bohr dan hubungannya dengan teori kuantum, prinsip ketidakpastian dan mekanika gelombang melalui diskusi kelompok.

 

  • Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital s, p , d dan f melalui diskusi kelas.

 

 

 

 

  • § Menjelaskan teori atom mekanika kuantum.

 

 

 

  • § Menentukan bilangan  kuantum  (kemungkinan elektron berada)
  • § Menggambarkan  bentuk-bentuk orbital.
  • § Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum.
  • Jenis tagihan
 - tugas individu

- kuis

- ulangan

  • §  Bentuk instrumen

- tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

  • § Konfigurasi elektron (prinsip aufbau, aturan Hund dan larangan Pauli) dan hubungannya dengan sistem periodik.

 

  • Menentukan konfigurasi elektron,  diagram orbital serta hubungannya dengan letak unsur dalam tabel periodik melalui diskusi kelas.
  • Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
    • § Menggunakan prinsip aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
    • § Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya  dalam sistem periodik
6 jam
1.2. Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.

 

  • bentuk molekul
  • Menggambarkan bentuk molekul senyawa  melalui diskusi kelas (gunakan visualisasi misalnya menggunakan balon atau dari CD).
    • § Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron.
    • § Menentukan bentuk molekul berdasarkan  teori hibridisasi.
   2 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan

presentasi

-  LCD

-  komputer

1.3. Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.

 

  • § gaya antar molekul
  • § Diskusi tentang gaya antar molekul.
  • § Menganalisis grafik yang menunjukkan hubungan antara titik didih dengan molekul yang terbentuk melalui ikatan hidrogen.
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik molekul berdasarkan gaya antar molekul melalui diskusi kelas.
  • § Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
  2 jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : MAS Darul Ulum

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi           : 2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.

Alokasi Waktu               :  18 jam (2 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.

 

  • § hukum kekekalan energi
  • § sistem dan lingkungan

 

 

  • § reaksi eksoterm dan endoterm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § perubahan entalpi

 

  • § Diskusi informasi tentang azas kekekalan energi
  • § Mengidentifikasi sistem dan lingkungan melalui diskusi kelompok.

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang reaksi eksoterm dan endoterm dalam kelompok di laboratorium.

 

  • § Menyimpulkan perbedaan antara reaksi eksoterm dan endoterm dari data percobaan.
  • § Menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm.
  • § Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan hukum/azas kekekalan energi
  • § Membedakan sistem dan lingkungan
 

 

  • § Membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan

 

 

 

 

 

 

 

  • § Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
  • Jenis tagihan
- tugas individu

- tugas kelompok

- ulangan

-  responsi

 

  • § Bentuk instrumen

- Performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis

- tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

2.2 Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
  • § hukum Hess
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ∆H reaksi dalam kalorimeter melalui kerja  kelompok di laboratorium.
  • § Berlatih menghitung ∆H.
 

 

  • § Menghitung harga ∆H reaksi melalui percobaan.
  • § Menghitung harga ∆H reaksi dengan menggunakan:

-   data entalpi pembentukkan standar (∆H°f)

-   diagram siklus dan diagram tingkat

-   energi ikatan

 

12 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : MAS Darul Ulum

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi         :  3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan

sehari-hari dan industri.

Alokasi Waktu                 :  38 jam (6 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

 

  • § konsentrasi larutan (Kemolaran)

 

  • § faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

 

 

  • § Menghitung dan membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

 

  • § Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).

 

  • § Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan , suhu, dan katalis) melalui percobaan.
  • § Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

  •   Bentuk instrumen

- performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

-  tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

3.2. Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari

.

  • § teori tumbukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § orde reaksi

 

 

 

 

 

  • § Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.

 

 

  • Mengidentifikasi reaksi yang menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator dengan menggunakan teori  tumbukan melalui diskusi kelas.

 

 

 

 

 

 

  • § Menghitung dan menentukan orde dan waktu reaksi berdasarkan data percobaan melalui diskusi kelas.
  • § Berlatih menentukan orde reaksi, persamaan laju reaksi dan waktu reaksi.
  • § Menjelaskan peranan katalis dalam reaksi melalui diskusi.
  • § Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
  • § Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
  • § Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
  • § Menentukan orde reaksi, persamaan laju reaksi dan waktu reaksi.
 

 

 

 

  • § Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
10 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.

 

  • § kesetimbangan dinamis

 

 

 

  • § Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
  • § Menjelaskan tentang kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen serta tetapan kesetimbangan melalui diskusi.
 

  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan.
  • § Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
  • § Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
  • § Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
 

  • § Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier
  • § Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

  •   Bentuk instrumen

- performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

-  tes tertulis

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

3.4. Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
  • § Hubungan kuantitatif antara pereaksi dari reaksi kesetimbangan
  • Menghitung harga Kc,  Kp dan derajat disosiasi (penguraian) melalui diskusi.
  • § Latihan menghitung harga Kc, Kp.
  • § Latihan menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
  • § Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
 
  • Jenis tagihan

-  tugas individu

-  ulangan

  •   Bentuk instrumen

- laporan tertulis,

-  tes tertulis

12 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri

 

  • § proses Haber Bosch dan proses kontak
  • § Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
  • § Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan.
2 jam

SILABUS

Nama Sekolah                     : MAS Darul Ulum

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/2

Standar Kompetensi          :  4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Alokasi Waktu                :  64 jam (8 jam untuk UH)

 

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

 

  • § teori asam basa

 

  • § Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
  • § Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry

 

  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  • § Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

  • Jenis tagihan

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • Bentuk instrumen

-  performans (kinerja dan sikap), – laporan tertulis,

-  tes tertulis

 

 

 

 

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

 
  • § sifat larutan asam dan basa.

 

 

 

 

 

 

 

  • § derajat Keasaman (pH)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § aplikasi konsep pH dalam  pencemaran

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator (indikator alam dan indikator kimia)  melalui kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok laboratorium.

 

 

  • § Menyimpulkan trayek perubahan warna larutan  asam dan basa.
  • Melalui diskusi kelas menyimpulkan  hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama,  menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (a) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa ( Kb)

 

  • § Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan  dari data konsentrasinya

 

  • § Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah  dalam kerja  kelompok (bagi daerah-daerah yang memiliki industri dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan penelitian)
  • § Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
 

 

 

 

 

 

 

  • § Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.

 

 

 

 

 

 

  • § Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan larutan basa yang konsentrasinya sama
  • § Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

 

 

 

  • § Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

 

  • Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.
14 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa. Stoikiometri larutan

  • § titrasi asam dan basa
  • Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
  • § Menyimpulkan hasil percobaan.
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menghitung kadar zat dari data percobaan.
 
  • § Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi

 

 

  • § Menentukan kadar zat melalui titrasi.
  • § Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
  • § Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
  • § Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
14 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

 

  • § larutan penyangga

 

 

 

 

 

  • § pH larutan penyangga

 

  • § fungsi larutan penyangga
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
 

  • § Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan bukan penyangga.
  • § Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi.

 

  • Melalui diskusi kelas menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup
  • § Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
 

 

 

 

  • § Menghitung pH atau pOH larutan penyangga

 

  • § Menghitung  pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran
  • § Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
  • Jenis tagihan
-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-   performans (kinerja dan sikap)

-  laporan tertulis

Tes tertulis

10 jam
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
  • § hidrolisis garam
  • § sifat garam yang terhidrolisis

 

 

 

 

 

  • § pH larutan garam yang terhidrolisis
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air.
 

  • § Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas.
  • § Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
  • § Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi
 

 

 

  • § Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  responsi

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  performans (kinerja

dan sikap)

-  laporan tertulis

-  tes tertulis

8 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
  • § grafik titrasi asam dan basa
  • § Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi.
  • § Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
4  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

 

  • § kelarutan dan hasil kali kelarutan
  • § Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut melalui diskusi kelas.
 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas

 

 

 

 

 

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan  kelarutan garam dan membandingkannya dengan hasil kali kelarutan
  • § Menyimpulkan kelarutan suatu garam.
  • § Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
  • § Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya
  • § Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air
 

 

 

 

  • § Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya

 

  • § Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan
  • § Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya

 

  • § Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

- performans (kinerja dan sikap), -  laporan tertulis

-  tes tertulis

10  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : MAS Darul Ulum

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/2

Alokasi Waktu                      : 12 jam (2 jam untuk UH)

Standar Kompetensi          : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.
  • pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
  • Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
 
  • Jenis tagihan

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  performans

(kinerja dan sikap)

-  laporan tertulis

-  tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat

untuk

percobaan

5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

  • § sistem koloid

 

 

  • § sifat-sifat koloid

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § peranan koloid dalam kehidupan
  • § Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.
  • § Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan  jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
  • § Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.
 

 

 

  • § Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.
  • § Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
  • § Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
  • § Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
  • § Menjelaskan koloid liofob dan liofil
 

  • § Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi
 6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

  • § Bahan

-  lembar kerja -  brosur

-  media

Elektronik

-  LCD

-  komputer

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s