Sifat Koligatif Larutan

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan Ke- : 1

Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit

Kompetensi Dasar : Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmotik termasuk sifat kilogatif larutan

Indikator :

- Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)

- Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult) dan larutan elektrolit

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat

1. Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)

2. Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult) dan

larutan elektrolit.

II. Materi Pembelajaran

Sifat Koligatif Larutan

III. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)

Salam, do’a, menjelaskan KD, materi ajar, dan memotivasi siswa, memimpin diskusi kelas untuk menyebutkan kejadian yang berhubungan dengan sifat koligatif yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti

* Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan, kemolaran, dan fraksi mol) dan menghubungkannya dengan sifat koligatif larutan melalui diskusi kelas.

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Membuat kesimpulan tentang sifat koligatif. Selanjutnya, memberikan tugas rumah.

V. Alat dan Sumber Belajar

Buku Kimia Berbasis Eksperimen3 Kelas XII SMA hal. 3-6, bahan lembar kerja

VI. Penilaian

Soal/instrumen

1. Sebanyak 41 g suatu zat dilarutkan dalam air hingga volumenya 750 mL. Jika kemolalan larutan 0,65 m, berapakah massa molekul relatif (M.) zat tersebut?
2. Berapakah fraksi mol benzena, C6H6, dalam suatu larutan yang disiapkan dengan melarutkan 2,86 g benzena dalam 72,0 g karbon tetraklorida, CC14? (Ar C= 12, H= 1,Cl = 35,5)
3. Berapa gram glukosa yang diperlukan agar diperoleh fraksi mol glukosa 0,048 dalam 2 kg air?

Pontianak, September 2009

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan Ke- : 2

Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit

Kompetensi Dasar : Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan

titik beku larutan, dan tekanan osmotik termasuk sifat kilogatif

larutan

Indikator :

* Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut.
* Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan.

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat

1. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
2. Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan.

II. Materi Pembelajaran

Sifat Koligatif Larutan

III. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)

Salam, do’a, menjelaskan KD, materi ajar, dan memotivasi siswa, memimpin diskusi kelas untuk menyebutkan kejadian yang berhubungan dengan penguapan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti

* Menjelaskan penurunan tekanan uap pelarut akibat adanya partikel zat terlarut melalui diskusi kelas.
* Menghitung penurunan tekanan uap pelarut berdasarkan data percobaan.

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Membuat simpulan tentang penurunan tekanan uap pelarut akibat adanya partikel zat terlarut. Selanjutnya, memberikan tugas rumah.

V. Alat dan Sumber Belajar

Buku Kimia Berbasis Eksperimen3 Kelas XII SMA hal. 7-11 dan bahan lembar kerja.

VI. Penilaian

Soal/instrumen:

1. Suatu larutan dibuat dengan melarutkan 250 g sukrosa (C12H22O12) dalam 750 g air. Tentukan tekanan uap larutan ini pada 30 °C jika tekanan uap air pada suhu ini adalah 31,8 mmHg. (A C = 12, H = 1,0 = 16).
2. Berapa gram sukrosa (C12H22O11) yang harus ditambahkan ke dalam 552 g air untuk menghasilkan larutan dengan tekanan uap 2,0 mmHg lebih kecil daripada air murni pada 20 °C? (Tekanan uap air murni pada 20 °C adalah 17,5 mmHg.)

Pontianak, September 2009

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan Ke- : 3-6

Alokasi Waktu : 8 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit

Kompetensi Dasar : Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan

sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama

berdasarkan data percobaan

Indikator :

* Menganalisis diagram pT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, dan kenaikan titik didih larutan.
* Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan.
* Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan data percobaan.
* Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan.
* Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan data percobaan.

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat

1. Menganalisis diagram pT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, dan kenaikan titik didih larutan
2. Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
3. Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan data percobaan
4. Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
5. Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan data percobaan.

II. Materi Pembelajaran

Sifat Koligatif Larutan

III. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)

Salam, do’a, menjelaskan KD, materi ajar, dan memotivasi siswa, memimpin diskusi kelas untuk menyebutkan kejadian yang berhubungandengan penguapan, pembekuan, dan pendidihan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti

* Menganalisis diagram pT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, dan kenaikan titik didih larutan.
* Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit dalam kerja kelompok di laboratorium.
* Mengamati faktor-faktor yang memengaruhi penurunan titik beku dan kenaikan titik didih berdasarkan percobaan.
* Menyimpulkan pengaruh zat terlarut terhadap penurunantitik beku dan kenaikan titik didih larutan
* Berlatih menghitung DTf dan DTb larutan.
* Menentukan massa dan massa molekul relatif zat terlarut berdasarkan penurunan titik beku atau kenaikan titik didih larutan.
*

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Membuat simpulan tentang diagram pT, titik beku dan titik didih larutan serta faktor-faktor yang memengaruhinya, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan berdasarkan data. Selanjutnya, melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.

V. Alat dan Sumber Belajar

Buku Kimia Berbasis Eksperimen3 Kelas XII SMA hal. 7-13, Diagram pT, bahan lembar kerja

VI. Penilaian

Soal/instrumen:

1. Rumus empiris suatu senyawa nonelektrolit adalah C4H2N. Jika 3,84 g senyawa itu dalam benzena menyebabkan penurunan titik beku sebesar 0,307 °C, tentukan massa molekul relatif (Mr) dan rumus molekul senyawa itu. (Titik beku benzena murni 5,5 °C; Kf = 5,12 °C/m; Ar C = 12, H = 1, N = 14)
2. Suatu larutan yang dibuat dengan melarutkan 0,115 g kuinina (suatu obat penurun panas) dalam 1,36 g kamper mempunyai titik beku 169,6 °C. Hitunglah massa molekul relatif kuinina berdasarkan data eksperimen ini. (Titik beku kamper murni 179,8 °C; Kf = 39,7 °C/m).

Pontianak, September 2009

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan Ke- : 7

Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit

Kompetensi Dasar : Membandingkan antara sifat koligatif larutan nonelektrolit dengan

sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan

data percobaan

Indikator :

- Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmotik serta terapannya.

- Menghitung tekanan osmotik larutan nonelektrolit

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat

1. Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmotik serta terapannya

2. Menghitung tekanan osmotik larutan nonelektrolit.

II. Materi Pembelajaran

Sifat Koligatif Larutan

III. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)

Salam, do’a, menjelaskan KD, materi ajar, dan memotivasi siswa, memimpin diskusi kelas untuk menyebutkan kejadian yang berhubungan dengan peristiwa osmosis dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti

* Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmotik melalui diskusi kelas.
* Menjelaskan hubungan tekanan osmotik dengan kemolaran.
* Menjelaskan penggunaan tekanan osmotik dan peristiwa osmotik dalam kehidupan sehari-hari.

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Membuat simpulan tentang osmosis dan tekanan osmotik. Selanjutnya, memberikan tugas rumah.

V. Alat dan Sumber Belajar

Buku Kimia Berbasis Eksperimen3 Kelas XII SMA hal. 14-19, bahan lembar kerja.

VI. Penilaian

Soal/instrumen:

1. Krisis air bersih sering melanda beberapa daerah pada saat musim kemarau, bahkan daerah-daerah di dekat laut. Di sisi lain, keberadaan air laut sangat melimpah. Akan tetapi, mengapa kita tidak boleh minum air laut secara langsung? Jelaskan alasannya.
2. Pohon redwood (pohon tertinggi di dunia) dapat tumbuh lebih dari 115m tingginya. Berdasarkan hanya pada tinggi pohon, hitunglah tekanan osmotik dalam akar pada permukaan tanah. (Asumsikan massa jenis larutan 1 g/cm3; 1 atm= 101.325 Pa (N/m2);g = 9,8m/s2;gunakan pengetahuanAnda tentang tekanan dalam zat cair yang dipelajari dalam pelajaran Fisika).

Pontianak, September 2009

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan Ke- : 8-9

Alokasi Waktu : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi : 1. Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan nonelektrolit dan elektrolit

Kompetensi Dasar : Membandingkan antara sifat koligatif larutan nonelektrolit dengan

sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan

data percobaan

Indikator :

Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit.

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit.

II. Materi Pembelajaran

Sifat Koligatif Larutan.

III. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Awal (Apersepsi)

Salam, do’a, menjelaskan KD, materi ajar, dan memotivasi siswa, memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali sifat koligatif larutan nonelektrolit yang telah dipelajari sebelumnya.

b. Kegiatan Inti

* Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui diskusi kelompok.
* Menjelaskan pengaruh faktor van’t Hoff terhadap sifat koligatif larutan.
* Menghitung sifat koligatif larutan elektrolit berdasarkan data.

c. Kegiatan Akhir (Penutup)

Membuat simpulan tentang perbedaan sifat koligatif larutan nonelektrolit dan larutan elektrolit yang konsentrasinya sama. Selanjutnya, memberikan tugas rumah.

V. Alat dan Sumber Belajar

Buku Kimia Berbasis Eksperimen3 Kelas XII SMA hal19-22

VI. Penilaian

Soal/instrumen:

1. Susunlah larutan berikut berdasarkan urutan menurunnya titik beku. a. Na3PO4 0,10m; d. C6H12O6,15 m; b. NaCl 0,35m; e. CH3COOHO,15 m; c. MgCl2 0,20m; f. K2SO4 0,15m.
2. Pada suhu 25 °C, tekanan uap air murni adalah 23,8 mmHg dan tekanan uap air laut adalah 23,0 mmHg. Dengan asumsi bahwa air laut hanya mengandung NaCl, perkirakan konsentrasinya dalam satuan molalitas.

Pontianak, September 2009

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s